Minggu, 02 Desember 2012

Teknologi Ubah Panas Tubuh Jadi Energi Listrik

WowKeren.com - Masalah baterai gadget yang cepat habis merupakan hal yang umum dialami orang-orang. Namun tampaknya kini hal tersebut sudah menemukan solusi. Sebuah teknologi baru bernama Power Felt diyakini bisa mengubah panas tubuh menjadi arus listrik, sehingga baterai bisa diisi ulang kapan saja.

Power Felt ini dikembangkan oleh para peneliti Wake Forest University. Teknologi itu sendiri terbuat dari carbon nanotube (batang karbon berukuran sangat kecil) dan dikunci dalam serat plastik fleksibel yang dibuat seperti kain. Cara kerja teknologi itu menggunakan perbedaan antara suhu ruangan dan suhu tubuh untuk menciptakan energi.

Para peneliti mengatakan, Power Felt bisa diterapkan pada banyak hal untuk menghasilkan energi listrik. Itu juga akan bekerja maksimal apabila diletakkan di tempat atau bagian tubuh yang lebih cepat panas. Misalnya dipasang pada kursi mobil, perangkat olahraga atau pakaian.

Namun mahalnya biaya untuk teknologi tersebut membuatnya masih sulit digunakan untuk produk konsumer. Sejauh ini juga Power Felt hanya bisa menghasilkan sumber listrik yang relatif kecil.

"Thermoelektrik adalah teknologi yang belum sepenuhnya dikembangkan. Tapi ada banyak peluang dalam teknologi ini," ujar Covey Hewitt, peneliti sekaligus lulusan dari Wake Forest University. "Kita membuang banyak energi untuk menghasilkan panas." (wk/mr)



0 komentar:

Posting Komentar