Sabtu, 01 Desember 2012

Pemrograman ATmega8535 Dengan CodeVision AVR Part 6

Baik setelah postingan sebelumnya berurusan dengan motor stepper,,kali ini kita melangkah ke output lain yaitu motor DC. pada intinnya hampir sama dengan motor stepper, bedanya kalo stepper terdiri dari 4 macam kabel kontrol yaitu 1a,1b,2a,dan 2b kalau motor DC cuma 2 saja jd lumayan mudah. Pada pembahasan tentang motor DC ini saya menggunakann driver motor L293D dengan spesifikasi 2 input,2 enable dan 2 output....anda bisa juga memakai L298 atau juga rangkaian H-bridge dari transistor.....ni gambar rangkaiannya :
 
  
gambar diatas memakai input push button untuk pilihan putar kanan atau putar kiri...sedangkan outputnya menggunakan 1 motor DC,,dengan port enable 1 masuk ke PORTD.5 mikrokontroler yaitu OC1A yang berfungsi untuk setting pwm motor....

baik ini saya lampirkan hasil simulasi dan programnya  disini

selamat belajar.

10 komentar:

  1. gan,,link nya kog gk bsa y..??rsak ...

    BalasHapus
  2. sdh saya perbaiki mas..silajkan dicoba ulang

    terima kasih sdh berkunjung

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. mass mau tanya itu kalo kita ganti jadi motor stepper dan jika terkena sensor 1 derajat bukanya 45derajat jika kena sensor 2 tutup 45derajat apa yang harus dirombak mass? mohon bimbingannya (betrycr@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  5. Bang, aku ingin mengendalikan kecepatan 1 motor dc dengan l293d dan atmega 8535, tapi aku masih bingung nih.
    tolong berikan gambar rangkaiannya ya, & kalo bisa, tolong juga dengan program bahasa c nya nya dengan codevision avr.
    Tolong ya bang... dikirim saja ke e-mail aku juga boleh: engly.nd@gmail.com.

    Makasih Bang.... :)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. mas mau nanya nih, klau kita pke 2 buah mtor dc, motor 1 untuk hdup dan mati, dan untuk motor 2 bisa berputar 2 arah mas gimana ya mas listing program di codevision avr nya ya mas trus gmna bntuk gmbar rangkaiannya mas.,.,.?
    tlong ya mas.,.,.,dikirim ke e-mail saya juga boleh mas:
    streetfighteradventure@gmail.com

    terima kasih ya mas udah mau bntu saya

    BalasHapus
  8. permisi.. mau nanya mas, kalu skema diatas ditambahin LCD sebagai pembaca PWM gimana yah ?? terus konfigurasi AVRnya juga gimana mas ?? mohon bantuannya mas. :)

    BalasHapus
  9. sangat membantu, nice post gan.

    BalasHapus
  10. Bang, aku ingin mengendalikan kecepatan 1 motor dc dengan l293d dan atmega 8535, tapi aku masih bingung nih.
    tolong berikan gambar rangkaiannya ya, & kalo bisa, tolong juga dengan program bahasa c nya nya dengan codevision avr.
    Tolong ya bang... dikirim saja ke e-mail aku juga boleh : ditaobeey@gmail.com

    BalasHapus